Sabtu, 15 September 2012

LCCT kuala lumpur

DAY 1
september 2012 berkesempatan jalan2 ke hatyai thailand,sebelumnya saya meminta maaf kepada teman2,rekan2,pembaca yang mungkin kurang puas dgn membaca tulisan saya,kurang lengkap mohon harap di maklumi.mungkin tulisan saya berbeda dgn blogger2 yang lain dimana kita pembaca bisa seakan2 ikut terbawa oleh cerita yang di tulis karena kepandaian menulis dari blogger yang memnag sudah berpengalaman(maklum belajaran).selain itu dengan menulis blog ini saya tidak bermaksud sombong,riya karena mendapat kesempatan jalan2 seperti ini.perlu teman2 ketahui,jalan2 bacpacker saya adalah jalan2 yang low cost alias hemat biaya karena tiket promo dari maskapai penerbangn(air asia) serta menginap di hostel2 murah dgan kamar dan kamar mandi sharing sekedar membaringkan tubuh di negara orang.bagi saya kebersamaan,persaudaraan dari orang2 yang baru kita kenal dgn perbedaan ras,agama dan bahasa sangtlah indah dari hikmah yang saya dapat dgn jalan2 ke 3 negara(malaysia,singapura dan thailand).dengan harapan kita bisa sharing,bertukar informasi tentang tiket,hostel murah ataupun trik yang berbeda di setiap negara....via malaysia.pagi hari sudah berangkat ke juanda airport.setelah checkin,saya sempatkan solat subuh dulu di bandara.sesuai jadwal pesawat brgkat jam 5.30 wib.jam 8.45 wktu malysia pesawat landing di bandara LCCT malaysia.dari bandara di lanjutin naik suttle bus ke KL central dengan biaya 8ringgit atau sekitar 25 ribuan.di central langsung saya booking lanjutkan perjalanan ke thailand by train agar hemat ongkos dan hemat hotel.perlu temen2 ketahui biaya ke hatyai thailand by train SENANDUNG LANGKAWI bisa kita tebus dengan harga 94 ringgit pulang pergi.dengan jadwal 2 kali setiap harinya,jam 4 sore dan jam 9.30 malam.

dengan di tempuh 14 jam perjalanan akhirnya saya sampai di hatyai thailand.sebelum masuk thailand kita melalui pemeriksaan dulu di pos perbatasan padang besar untuk cek imigrasi.semua penumpang turun dgn tanpa membawa barang,hanya paspor aja yg kita bawa.karena kita menaiki kereta yang sama hingga sampai tujuan nanti

thailand check point

DAY 2

sesuai jadwal tibalah saya di stasiun hatyai sekitar pukul 12 siang.tidak ada perbedaan waktu antara thailand dgn indonesia.suasana stasiun ramai mirip dgn indonesia,tapi masih agak tertib orang2 sini.beda sekali dgn stasiun2 di malaysia.penjual makanan,minuman atau cemilan berjajar di pinggir rel.orang2 silih berganti menawari angkutan setempat(tuk tuk) dgn bahsa thai yang tentunya saya tidak mngerti.sebelum keluar stasiun,saya sempatnya booking tiket untuk kembali ke malaysia keesokan hari.karena saya tidak membawa uang bath,maka saya harus keluar setasiun mencari money changer terdekat.dngn uang 450 Bath atau sekitar 135 (1 bath=300rp) ribu saja,tiket balik ke kuala lumpur sudah saya pegang.saatnya keluar stasiun untuk mencari hostel terdekat.berbekal informasi dari internet,serta peta yg sengaja saya print sebelum berangkat,saya berjalan kaki mencari hostel tersebut.tidak berapa lama akhirnya ketemu juga hostel itu,yang dkat sekali lokasinya dgn setasiun,kurang lebih cuma 300 metr aja kok.cathay guest house nama hostelnya,cukup 200 bath saja saya sudah bisa rebahan di thailand,,murah banget kan?? ya tentunya dgn fasilitas yg bagi saya sudah cukup layak untuk numpang tidur di negara orang,tanpa welcome drink,tanpa breakfast serta tanpa sabun ataupun shampo.makanya murah banget ya!! untungnya semua peralatan mandi sudah saya siapkan dari tanah air.sayangnya saya lupa tu buat ambil gambar roomnya..tapi untuk urusan makan dan minum,jgn kuatir,hotel ini menyediakan kafetaria dan warnet untuk browsing ataupun sekedar update sttus.karena capek dan gak pernah tidur beneran alias hampir 2 hr tidur di jalan,saya putuskan untuk istirahat dulu sebelum jalan2 di hatyai...

di depan hostel tempat menginap

bangun tidur udah sore hari,di luar hujan.jadi nunggu deh ampe hujan reda.untungnya hujan juga tidak terlalu lama.saya putuskan untuk keluar jalan2.naik tuk tuk jadi target saya untuk keliling2 hatyai.dgn berjalan menuju arah stasiun maka akan kita temukan bnyak tuk tuk mangkal disitu.langsung aja deh saya utarakan maksut saya untuk di antar keliling2.mereka meminta saya 300 bath untuk 2 jam keliling hatyai,sesuai informasi yang saya baca biasanya cuma 200 bath aja,saya tawar 200 bath dgn mnggunakan angka2 pada HP saya,karena mayoritas dari sopir2 tuk tuk ga ada tu yang bisa bahsa inggris,jadi temen2 klu mau jalan2 ke thailand,mending bawa poto tempat wisata yang akan kita kunjungi beserta peta daerah sekitar agar di saat kita tdak bisa berkomunikasi,kita tinggal tunjuk aja tu gambar sama peta yang kita bawa,seru juga,jadi semua trnsaksi pake bahasa tubuh.perlu temen2 ketahui,dari deal yang kita buat 2 jam muter2,trnyata cuma sejam aja tu muter2nya,mau komlin juga ga bisa ngomongnya,terpaksa deh diam aja.tapi saya minta di antar kedaerah kimyong market,jadi saya ga turun hostel karena pengen lihat2 makanan dan jajanan thaialand.semua makanan,jajanan dan minuma sangtlah terjangkau dgn kantong kita,makanya bnyak yang menyebut hatyai adalah kota kuliner.dimana makana dan minuman murah bnyak tersebar di daerah kimyong market ataupun jalan2 di sekitar htyai.sepiring nasi penuh plus ayam goreng hanya 40 bath saja,.es degan 10 bath klu yang udah di kemas dalam wadah plastik,dan 20 bath kelapa muda utuh,.seger banget habis jalan2 minum es degan,,hehehe
di depan tuk tuk

penjual makanan di daerah kimyong market

saatnya balik ke hostel dengan terlebih dahulu bungkus makanan untuk makan malam di hostel.dengan berjalan kaki,saya kembali ke hostel sekalian explore hatyai detail2nya,masuk2 ke pasar,tanya2 harga kaos buat oleh,harga rata2 kaos sekita 100 bath,jadi temen2 tawar dulu aja klu memng merka menawarkan lebih dari harga itu.jarak hostel dgn kimyong market sekitar 1,5km aja.jadi ga terlalu capek andai kita jalan kaki sekalian cuci mata di daerah psar.sesampai di hostel istirahat sejenak terus mandi.tibalah saatnya untuk jalan2 menikmati suasana malam hatyai.jam hp saya menunjukkan jam 7.30 malam,geliat kehidupan malam sudah mulai terasa.bar,pub ataupun karaoke sudah banyak yang buka.saya hanya berjalan saja keliling dengan melihat2 suasana kota.berhentilah saya di depan sebuah mall yg saya lupa namanya sambil menunggu waktu untuk tidur.

DAY 3
bangun tidur langsung mandi,terus menuju ke restoran hostel buat pesen makan.pesen nasi sama telur dadar plus kopi dgn harga 40 bath.setelah makan,rebahan sebentar kemudian persiapan dan packing barang2 untuk kembali ke malaysia dgn kereta yang sama sore nanti.karena waktu check out hotel masih jam 12 dan kereta pukul 4 sore,saya gunakan untuk jalan2 lagi menuju kimyong market belanja makanan ringan dan minuman buat bekal di kereta.jam 2 siang saya sudah di stasiun lagi.setelah mengetahui platform kereta dengn bertnaya ke petugas,saya masih harus menunggu 2 jam untuk keberangkatan kereta.sayangnya semua informasi di di stasiun thailand kurang saya mngerti karena bahsa dan tulisannya yang tidak bisa saya membacanya,serta kurangnya informasi dalam bahasa inggris.yang saya tahu dari petugas loket waktu membeli tiket balik,untuk menuju phuket masih butuh waktu 6 jam lagi.itupun by bus yang saya mngerti.nggak tahu lagi klu by train ada nggak,karena kesulitan bahsa antara saya dengan orang thai yang saya temui tentunya.jam 4 sore kereta berangkat sesuai jadwal.14 jam perjalanan menuju kembali ke kuala lumpur.sekitar 2 jam perjalanan,tibalah di check point malysia thailand.setelah melewati pemeriksaan yang tidak terlalu berbelit,nggak antri,masuklah kembali saya di wilayah malysia.jam udah menunjukkan pukul 17.30,tetapi matahri masih begitu terangnya.sepnjang perjalanan terlihat pemandangan bukit berbatuan yag cantik sekali.sekilas tentang perkeretapian malaysia sangat hebat banget.sepertinya lagi ada proyek besar2 an nie sepnajng padang besar hingga kuala lumpur.bayangkan aja jalan kereta api listrik 2 jalur,belum lagi KTMB yg saya tumpangi juga 2 jalur.jadi tidak ada istilah kereta bersimpangan di stasiun seperti di indonesia.berapa juta ringgit ya pemerintah habiskan untuk mega proyek yg jaraknya ratusan klimoter.selain itu juga hampir nggak pernah saya temukan persimpangan antggar kereta api dgn jala raya seperti di indonesia.jadi meminimalisir kecelakaan.efeknya jadi banyak fly over di setiap perlintasan yg melewati jalan raya.hebat banget...sampai ketemu di malaysia...

di dalam station berlatar belakang foto raja thailand

di dalam stasiun berlatar belakang counter tiket hatyai

DAY 4

Pgi hari sekali tibalah saya di setasiun KL central,kira2 jam 6 lebih.setelah turun kereta,saya sempatkan cari surau buat solat subuh.sehabis solat subuh saya naik ke stasiun monorail buat ke menara kembar petronas dgn tiket 3.20 ringgit.di taman petronas banyak orang jogging karena memang masih sangat pagi.sehabis poto2 sejanak saya kembali ke KL central buat mencari makan pagi.sehabis makan saya lanjutkan perjalanan lagi menuju batu chaves,sekdar informasi,di central ini kita mau kemana aja bisa,dari destinasi sekitaran malaysia by komuter atau monorail ataupun destinasi antara bangsa by KTMB.jadi mau menuju utara ke thailand,ataupun selatan ke singapura bisa kita dapetkan disini.dari central ke batu chaves naik momuter biayanya cuma 1 ringgit,baliknya 1,5 ringgit.murah banget kan,keretanya juga buagus,bersih,nggak ada pedagang asongan ataupun pengamen.

batu chaves

Suria KLCC

Sehabis dari batu chaves,saya lanjutkan perjalanan ke seremban negeri sembilan untuk menumpang tidur di tempat teman.karena sesuai rencana malam harinya saya kepingin melanjutkan perjalanan ke singapura by KTMB juga.kembali ke central lagi.naik komuter lagi yang berbeda platform untuk menuju ke seremban dgn lama perjalanan sekitar 1 jam.
sesampai di rumah temen,makan,mandi dan tidur.bangun jam 7 mlm atau sehabis magrib.mandi lagi karena kondisi cuaca yg poanas mirip surabaya jadi buat badan gerah.setelah makan saya lanjutkan perjalanan ke stasiun seremban lagi untuk membeli tiket menuju singapura.tiket pulang pergi singapura seremban dapat kita beli dengan 60 ringgit aja pulang pergi,alias 180rb aja,murah banget kan?? malah lebih mahal tiket malang jakarta pake gajayana yg 300rbuan dgn fasilitas yg lebih oke kereta api SENANDUNG MALAM nya malaysia.kebetulan kereta terlambat dari jadwal yg harusnya berangkat pukul 00,mundur hingga 30 menitan.

DAY 5
semalam di singapura

Mungkin karena masih kecapekan,saya ketiduran di sepanjng perjalanan menuju singapura.setelah bangun tidur saya lihat langit udah cerah,jam udah menunjukkan pukul 7 lewat.kereta melintasi semacam jembatan yg kanan kirinya lautan membentang.sampailah di woodland station singapura.seblumnya saya di bangunkan oleh petugas imigrasi malysia untuk meminta kartu kedatngn saya.kartu kedatngn di berikan pada saat pertama kita msuk malysia.usahakan kita menyimpan baik2 kartu kedatngn tersebut.sampailah saya di perbatsan malaysi singapura,semua penumpang turun,barang bawaan juga di bawa turun,antri satu persatu untuk melewati imigrsi.sesuai dgn intruksi dari blog yg saya baca sebelumnya,usahakan memilih petugas yg bukan berwajah melayu,jadi petugas china,atau india.menurut penglaman saya baca blog orang,petugas melayu banyak bertanya untuk kita pemegang paspor indonesia.saya memilih petugas china wanita.dengan ramah dia melayani saya,mau kemana,berpa lama di singapura,dan lain2 yang tentunya sangat mudah saya jawab karena petugas tersebut mngajak saya berbicara melayu setelah mngetahui saya berpaspor indonesia.karena saya pertama kali ke singapura,saya di giring menuju ke suatu ruangn untuk di ambil sidik jari.setelah di ambil sidik jari,saya langsung di ijinkan masuk singapura untuk 30 hari kedepan.keluar setasiun saya tengok kanan kiri seperti orang hilang.informasi yang saya dapat dngn membaca blog orang berbeda 180 derajat ketika saya berada di singapura.informasi yang saya baca,kereta berhenti di satasiun tanjong pagar,tetapi sudah hampir 1 tahun ini kereta api berhenti di stasiun woodland.berbekal informasi kemanapun tujuan kita di singapura bisa kita tempuh dgn MTR,saya pun bertanya tanya untuk menemukan setasiun MTR terdekat.untungnya setiap bertanya,orang singapura selalu menjawab dgn ramah.sayapun di beritahu harus naik bus dgn ongkos $2,5 untuk menuju woodland MTR.sesampai di woodland MTR,bingung lagi menerpa saya,saya tidak tahu cara untuk membeli tiketnya.setelah tengok kiri kanan,ada petugas yang lagi maintenance salah satu mesin penjual tiket.belum sempat saya bertanya,dia sudah mngangkat tangn tanda akan membantu saya dgn terlebih dahulu mnyelesaiakan pekerjaannya.saya tunggu dia kira2 5 menit.setelah selesai dia bertnya apa yg bisa dia bantu.saya ngmg aja klu saya ga punya tiket,tapi saya punya uang,terus dia bertnya tujuan mau kemana,saya bilang aja ke bugis,karena rencana saya mau cari hostel di sekitar bugis.setelah dia menekan nekan,dia minta uang,saya tunjukkan semua uang di dompet saya agar dia mngambil sendiri berapa biaya ke bugis.dia ambil uang $5.dan keluar kembalian $1 dgn deposit $1 bisa kita ambil di setasiun tujuan.setelah capek berjalan mencari hostel dgn seharian lom makan,cuma makan roti aja bekal dari malysia.sayapun menemukan hostel untuk mnginap.FEEL AT HOME HOSTEL namanya,ada di jalan pinang no 7a singapore 199139,phone +65 62939554  WWW.FEELATHOME.COM.SG.tempatnya tidak terlalu kliatan memang dari jalan raya.klu temen2 tahu ABC hostel,hostel yang saya tempati ada di belakangnya,beda blok aja.$23 permalam dgn kamar dorm ber enam,waktu itu terisi separohnya.2 laki laki termasuk saya dan 1 perempuan.semua berasa l dari indonesia,jakarta.saya tanya mereka tempat makan sekitaran hostel,akhirnya sayapun makan setelah sebelumnya mandi membersihkan diri.sehabis makan,sayapun ketiduran lagi karena capek jalan mencari lokasi hostel.padahal klu saya tahu tempatnya,tempat saya mnginap tidak jauh dari bugis station,hanya 3 menit jalan kaki.berhubung saya nggak tahu dan baru pertama kali ke singapura,sayapun muter2 dan bertnya kesana kemari dengan cuaca yang mulai panas menyengat.

suasana dalam kamar dorm,free internet & wifi

pintu masuk hostel yang mirip lorong aja,jadi nggak kliatan dari jalan.hostel di lantai 2

Orchard road
Mungkin karena terlalu capek jalan akhirnya saya ketiduran siang itu,bangun udah hampir maghrib.saya pun berjalan2 di sekitar hostel untuk mencari makan.setelah puas berkeliling sayapun kembali ke hostel.keesokan hari sehabis breakfast free yang saya dapat dari hostel,saya pun bersiap berkemas2 untuk kembali ke kuala lumpur dgn kereta jam 1 siang waktu singapura.sebelumnya saya turun station raffles untuk berfoto di merlion yang menjadi ikon singapura,tak lupa juga mampir sebentar di daerah orchard road.